Anak merusak mainan



Laila Yulianti :
tapi bagaimana kalau mainan yg sering dirusakin, gimana ayah ??...

Saya dirumah melatih anak saya untuk mendapatkan segala hal melalui proses dan usaha; hampir tidak ada pemberian gratis. (kecuali sandang, papan dan pangan)

Salah satu prosesnya usaha mereka adalah menabung dari uang yg mereka kumpulkan melalui menghasilkan karya cipta seperti lukisan, kerajinan, hasta karya dsb. atau dengan membantu orang tua dalam mengerjakan tugas rumah tangga, seperti menyiapkan lauk untuk makan mereka, merapikan tempat tidur dsb. Dalam bentuk koin-koin kebaikan.


Sebagai contoh; setiap mereka merapikan tempat tidur mereka berhak mendapat 2 koin kebaikan senilai Rp.1000. Membantu menyiram tanaman mendapat 2 koin lagi. Koin-koin ini boleh di konversi dalam bentuk uang misalnya 20 koin senilai Rp. 10.000.

Jika koin2nya sudah terkumpul banyak maka mereka boleh berencana untuk menggunakannya sesuai keinginan mereka termasuk membeli mainan. Jadi hampir setiap mainan yg mereka punya dibeli dari hasil jerih payah mereka sendiri.

Jadi jika mereka memiliki mainan kemudian dirusaknya, maka melalui cara ini kita mengajarkan dua hal:

1. Silahkan kamu pelajari dan eksplorasi hukum2 fisika yg ada dalam mainan tersebut hingga kamu puas. Karena itu mainan kamu sendiri dibeli dengan jerih payahmu sendiri.

2. Tapi ingat bahwa kamu bertanggung jawab terhadap hasilnya apakah hasil itu baik berupa pengetahuan alamiah baru tentang hukum2 fisika dasar ataukah benda itu akhirnya menjadi rusak dan tidak bisa digunakan lagi.

Dengan cara ini saya tidak perlu khawatir lagi jika dia sedang membongkar mainan, karena itu adalah hasil jerih payahnya sendiri selain itu saya tetap bisa memberikan kesempatan padanya untuk terus bereksplorasi dan belajar dari benda2 yg manarik perhatiannya.

Bersyukurlah jika seorang anak masih tertarik untuk membongkar2 mainan mereka, karena sesungguhnya membongkar mainan bagi anak adalah sebuah proses belajar alamiah untuk mengetahui cara kerja mainan tersebut.

Keluarga Indonesia, Yang menarik adalah melalui imaginasi mereka yg luar biasa, sering kali anak2 kita mampu merangkai "Protolan" mainan mereka yg rusak menjadi mainan baru versi mereka sendiri.

Semoga bisa membantu bu Laila


Fans page Ayah Edy

Buku Ayah Edy

Popular posts from this blog

Cinta adalah anugerah Tuhan

Pertemuan Samudra Atlantik dan Mediterania

Monyet dan Angin