Kebahagiaan dan Kesengsaraan?

         Beberapa tanda kebahagiaan dan keberhasilan itu adalah bahwa semakin ilmu seseorang bertambah, maka bertambah pula kerendahan hatinya dan rasa belas kasihnya, seperti mutiara yang mahal, semakin dalam tempatnya di dasar laut, maka semakin tinggi harganya.

Selalu bercermin dan intropeksi diri, semakin bertambah hartanya, maka semakin ia menjadi lebih dermawan dan semakin banyak memberi, sebab harta hanyalah barang titipan, sementara yang memberi harta itu adalah si Penguji.

Semakin meningkat status dan kehormatannya dalam masyarakat, maka semakin dekat ia dengan masyarakat, semakin mudah memberi, dan semakin rendah hati. Seluruh manusia itu adalah makhluk Tuhan dan yang paling dicintai-Nya adalah yang paling banyak memberikan manfaat kepada sesama.

Sedangkan tanda-tanda kesengsaraan adalah semakin bertambah ilmu seseorang, maka ia semakin sombong dan angkuh dalam tindak tanduknya. Semakin bertambah amal perbuatannya, maka semakin tinggi kesombongannya, merasa semakin kecil nilai orang-orang disekitarnya. Dia terus menumpuk harta tanpa harus mendermakan.

Berbagai bencana dan musibah tidak pernah menyentuh hati dan meyadarkannya. Tidak ada nilai yang bisa dibanggakan di dalam hatinya, tidak ada bekas-bekas pengorbanan di telapak tanggannya. Semakin tinggi status dan kedudukannya di masyarakat, maka semakin tinggi pula kesombongannya. Dia tertipu dan terpedaya.....

Popular posts from this blog

Cinta adalah anugerah Tuhan

Pertemuan Samudra Atlantik dan Mediterania

Monyet dan Angin